PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

4 Sep 2019 | 16:00 WIB

Orang Tua Jangan Lengah, Lakukan Ini Untuk Cegah IMS Pada Remaja

Orang Tua Jangan Lengah, Lakukan Ini Untuk Cegah IMS Pada Remaja

Cegah IMS Pada Remaja

Share:

Sejak beberapa tahun silam, kasus Infeksi Menular Seksual (IMS) tidak lagi hanya diderita orang dewasa. Para orang tua harus meningkatkan kewaspadaan, karena faktanya, kasus IMS di kalangan remaja terus meningkat dari tahun ke tahun. Mengapa itu bisa terjadi?

Menurut dr. Hanny Nilasari, SpKK, perilaku seks bebas adalah penyebab utama IMS di kalangan remaja. Semakin banyak remaja yang aktif secara seksual sejak dini. Jika seorang remaja melakukan hubungan seksual pertama kali di usia sangat muda, artinya ia memiliki masa keaktifan seksual yang lebih panjang. Dalam masa itu, kemungkinan berganti-ganti pasangan jadi semakin tinggi, dan membuat rentan terinfeksi penyakit seksual.

Terinfeksi penyakit seksual bisa merusak masa depan seorang remaja. Bantu pencegahannya dengan melakukan upaya-upaya berikut.

Cara Cegah IMS Pada Remaja

1. Pendidikan Seksual Remaja

Jangan anggap tabu pendidikan seputar seksual remaja. Hal itu penting dilakukan sejak usia dini. Beri pemahaman kepada anak anda tentang area genital tubuh sendiri dan fungsi-fungsinya, dan bagaimana ia harus melindunginya.

2. Jaga Kesehatan Genital

Rutin mengganti pakaian dalam sehabis mandi dan setiap habis berkeringat. Hindari penggunaan sabun dan pantyliner bagi remaja putri.

3. Hindari Seks Pranikah

Berikan bekal pendidikan moral yang kuat kepada remaja anda, agar terhindar dari godaan pergaulan bebas dan seks pranikah. Ajarkan sikap tegas bila diminta pasangannya untuk berhubungan seksual. Seks pranikah di kalangan remaja amat berisiko untuk menularkan IMS. Masa pengobatan dan penyembuhan IMS memakan waktu lama dan melelahkan, serta membawa dampak tekanan mental bagi remaja. Lakukan seks saat sudah menikah di usia yang cukup matang.

BACA JUGA: Hati-hati, IMS Bisa Renggut Hidup Anda!

4. Vaksin Serviks

Seorang remaja yang terinfeksi penyakit seksual lebih tinggi risikonya untuk terpapar virus HPV, penyebab kanker serviks dan kutil kelamin. Ajak remaja untuk melakukan vaksin serviks yang bisa dilakukan mulai usia 14 tahun. Vaksin ini terbukti menekan angka penularan HPV.

5. Peran Orang Tua

Ini adalah bagian terpenting dari upaya pencegahan IMS pada remaja. Rangkul remaja Anda untuk bersikap terbuka dan komunikatif terhadap pergaulan dan kesehariannya. Dampingi mereka saat membutuhkan banyak penjelasan tentang perubahan fisiknya saat remaja.

Mari selamatkan masa depan generasi muda dengan berperan aktif mencegah penyebaran IMS pada remaja.

BACA JUGA: Orang Tua, Ajarkan Juga Remaja Putra Untuk Rawat Area Genitalnya