PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

12 Sep 2019 | 18:49 WIB

Tanya Jawab Seputar Stretch Mark

Tanya Jawab Seputar Stretch Mark
Share:

Kenali penyebab, pencegahan, dan bagaimana cara mengatasi stretch mark agar Anda tak salah langkah dalam mengatasinya.

T: Apa sebenarnya stretch mark?

J: Stretch mark merupakan guratan-guratan pada kulit yang dapat  terjadi karena tubuh bertumbuh lebih cepat dari perkembangan dan elastisitas kulit. Ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan. Guratan ini mula-mula berwarna kemerahan, lama kelamaan menjadi berwarna putih atau keabuan.

T: Apakah stretch mark menurun?

J: Anda memiliki risiko lebih tinggi jika orang-orang di keluarga Anda mendapatkan stretch mark.

T: Kapan biasanya kita mengalami stretch mark?

J: Ketika seseorang mengalami pubertas, pertumbuhan kulit bisa menyebabkan stretch mark. Lalu ketika seorang wanita hamil, kemungkinan mengalami stretch mark besar. Stretch mark juga muncul ketika Anda mengalami penurunan atau kenaikan berat badan yang cepat. Selain itu ketika terjadi pertumbuhan otot yang cepat karena Anda olahraga angkat beban. 

T: Apakah obat-obatan tertentu dapat menyebabkan stretch mark?

J: Penggunaan krim kortikosteroid pada kulit dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan stretch mark. Jika Anda memiliki penyakit Cushing atau sindrom Marfan, Anda pun dapat mengalami stretch mark.

T: Apakah stretch mark dapat hilang sepenuhnya?

J: Pada dasarnya stretch mark bersifat permanen, tetapi perawatan tertentu dapat membuat stretch mark lebih tak terlihat dan bisa membantu mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan. 

T: Obat atau perawatan apa yang bisa mengatasi stretch mark?

J: Perawatan kulit untuk mengatasi stretch mark berbentuk krim, lotion, dan gel di over the counter bisa saja digunakan. Namun yang penting diingat, hasil pada satu orang belum tentu sama dengan yang lainnya. 

T: Adakah cara alami yang dapat dilakukan dalam membantu mengurangi stretch mark seperti mengoleskan almond oil, cocoa butter, minyak zaitun, dan lain-lain?

J: Tidak ada satu studi pun yang menunjukkan bahwa pijatan almond oil, cocoa butter, minyak zaitun, vitamin E, dan sejenisnya yang mampu mengatasi atau menghilangkan stretch mark.
 

T: Adakah jenis kandungan tertentu yang bisa mengatasi stretch mark dengan lebih baik?

J: Beberapa penelitian membuktikan bahwa asam hialuronat (hyaluronic acid) dan tretinoin mampu membuat tampilan stretch mark lebih samar dibanding dengan kandungan lain. 

Yang penting, konsultasikan penggunaan krim maupun alternatif tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi stretch mark dengan dengan dokter SpKK Anda