PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

12 Sep 2019 | 19:23 WIB

Beberapa Penyebab Wajah Jadi Berwarna Kemerahan

Beberapa Penyebab Wajah Jadi Berwarna Kemerahan
Share:

Banyak hal yang bisa membuat wajah kita memerah. Beberapa penyebab di antaranya adalah sengatan matahari, jerawat, dan hot flashes. Pelajari beberapa sebab yang dapat membuat wajah Anda terlihat memerah berikut ini.

Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik adalah kondisi peradangan kulit yang menyebabkan ruam merah, yang dapat terjadi  dan seringkali kemerahan  muncul pada wajah. Ruam umumnya disertai kulit yang terlihat berminyak, dan  bersisik.

Apa yang bisa dilakukan? Dermatitis seboroik biasanya membutuhkan perawatan dokter spesialis kulit.  Anda mungkin membutuhkan obat topikal yang dapat dioleskan ke kulit.

Rosacea

Kondisi kulit ini cenderung dimiliki oleh orang yang kulitnya dapat memerah dengan mudah. Dalam periode waktu tertentu, bila kondisi ini berlanjut, Anda akan melihat bahwa kemerahan di wajah bertahan lebih lama - atau bahkan tidak pernah pudar. Beberapa kondisi yang bisa mencetuskan kemerahan pada kulit akibat rosacea misalnya makanan pedas, paparan sinar matahari dan udara dingin, ataupun  stress. 

Apa yang bisa dilakukan? Meskipun rosacea tidak dapat disembuhkan, treatment yang ditangan oleh dokter spesialis kulit dapat mengurangi kemerahan. Pada dasarnya ada beberapa jenis rosacea, dan diagnosisnya harus ditegakkan oleh dokter spesialis kulit. Jika Anda memiliki rosacea, dokter kulit Anda dapat memberi tahu Anda jenis rosacea yang Anda miliki dan membuat rencana perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Iritasi kulit atau reaksi alergi

Kondisi gangguan kulit ini juga sering disebut dengan dermatitis kontak. Dermatitis kontak muncul ketika sesuatu yang menjadi alergen menyentuh kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan kulit iritasi atau mengalami reaksi alergi. Wajah adalah area paling umum di mana dermatitis kontak sering muncul. untuk mendapatkan dermatitis kontak. Penyebab umum dermatitis kontak alergi termasuk wewangian, lateks, dan lain-lain.

Apa yang bisa dilakukan? Ruam ini cenderung hilang dengan sendirinya ketika Anda berhenti mengekspos kulit Anda terhadap apa pun yang menyebabkan kulit Anda iritasi atau mengalami reaksi alergi. Jika Anda tidak tahu apa yang menyebabkan kulit wajah menjadi kemerahan, segera konsultasi ke dokter spesialis kulit.

Reaksi terhadap pengobatan

Beberapa obat dapat menyebabkan reaksi kulit seperti terbakar matahari ketika Anda menghabiskan waktu di luar rumah, terutama di siang hari. Menggunakan obat, seperti krim kortikosteroid, lebih lama dari yang diarahkan juga dapat menyebabkan reaksi kulit kemerahan.

Apa yang harus dilakukan?  Selalu pelajari informasi yang sering disertakan di setiap kemasan obat. Apakah Anda perlu menghindari sinar matahari selama menggunakan obat tersebut, atau tidak. Segera konsultasi pada dokter spesialis kulit bila kemerahan tak juga hilang.

Spider Veins atau Vena laba-laba

Merupakan kondisi pembuluh darah di wajah yang terlihat sangat jelas seperti sarang laba-laba, dapat disebabkan oleh iritasi kandungan obat atau krim tertentu, pajanan sinar UV terus menerus, trauma, dapat pula karena faktor genetik. Selama bertahun-tahun, kerusakan ini menumpuk lalu pada beberapa orang spider veins dapat muncul di wajah. 

Apa yang harus dilakukan?: Spider veins dapat diatasi menggunakan perawatan laser. Prosedur medis, seperti perawatan laser ini paling baik dilakukan oleh dokter spesialis kulit.