PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

20 Sep 2019 | 12:00 WIB

7 Vitamin dan Mineral yang Wajib Anda Konsumsi Agar Kulit Tetap Sehat

7 Vitamin dan Mineral yang Wajib Anda Konsumsi Agar Kulit Tetap Sehat

Buah beri kaya akan vitamin C untuk melawan radikal bebas.

Share:

Seringkali orang sibuk memilih produk perawatan kulit demi mendapatkan kulit sehat, namun kurang memerhatikan asupan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Mulai sekarang, biasakan diri Anda menerapkan pola makan sehat serta memerhatikan kandungan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Vitamin dan Mineral Penting Untuk Kulit Sehat

Yuk, mengenal vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, seperti berikut ini.

1.  Vitamin A

Vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kulit. Vitamin A berfungsi mencegah kulit kering hingga memperbaiki lapisan sel kulit yang rusak. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, produk hati, ubi jalar, bayam dan sayuran hijau lainnya dalam jumlah cukup sangat baik untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit. 

2. Vitamin B-kompleks

Vitamin B-kompleks ampuh mencegah penuaan dini. Bila kekurangan vitamin B-kompleks, Anda lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, kulit kering, kulit keriput, ketombe dan bibir pecah-pecah. Penuhi asupan vitamin B-kompleks dengan mengonsumsi biji-bijian seperti oatmeal, gandum, kacang-kacangan, daging dan ikan.

3. Vitamin C

Ganti camilan keripik Anda dengan berbagai buah beri (stroberi, cranberry, blueberry, blackberry), apel, melon dan buah-buahan lainnya yang kaya akan vitamin C . Vitamin C bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah, kenyal dan sehat.  Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mengatur produksi kolagen dalam tubuh.

BACA JUGA: Konsumsi Makanan Ini Untuk Atasi Alergi

4. Vitamin D

Salah satu jenis vitamin D yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh manusia yaitu karsitol, memiliki kemampuan untuk mengurangi inflamasi dan iritasi pada penderita kelainan kulit psoriasis. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari ikan salmon, tuna, ikan cod serta produk makanan yang telah difortifikasi seperti jus jeruk, yogurt dan sereal.

5. Vitamin E

Hampir semua tahu bahwa vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit terutama mencegah penuaan dini dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Tapi apakah Anda sudah cukup mengonsumsi vitamin E setiap harinya? Segera penuhi asupan vitamin E Anda dengan mengonsumsi brokoli, almond, biji-bijian, sayuran hijau dan telur. Vitamin E bekerja lebih optimal sebagai antioksidan dalam mengatasi kerusakan sel kulit akibat sinar matahari bila dikombinasikan dengan vitamin C.

6. Selenium

Bersama vitamin C, selenium memiliki peran penting  dalam, menangkal radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel termasuk sel kulit. Daging dan makanan laut diketahui mengandung banyak selenium. Mengonsumsi selenium sangat  penting untuk mencegah penuaan dini dan kanker kulit.

7. Seng (zinc)

Seng atau biasa disebut zinc dapat membantu mengatasi kulit berjerawat serta mengontrol produksi minyak. Selain itu seng juga diperlukan tubuh sebagai anti inflamasi dan perlindungan kulit dari sinar UV. Seng banyak terdapat pada makanan laut seperti tiram, kepiting, udang, jamur dan bayam.

Mulai sekarang, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang  bermanfaat bagi kesehatan kulit dan tubuh. Selain itu, pastikan juga Anda minum air putih paling sedikit 1,5 liter setiap hari agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.