PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

17 Oct 2019 | 13:48 WIB

5 Alasan Kulit Pria tetap Perlu Dirawat

5 Alasan Kulit Pria tetap Perlu Dirawat

Pria tetap harus peduli terhadap kesehatan dan perawatan kulitnya.

Share:

Merawat kulit sudah seharusnya dilakukan, baik oleh pria maupun wanita. Kulit pria yang lebih tebal dan seakan-akan tak membutuhkan perawatan lebih adalah hal yang salah. Para pria tetap harus peduli terhadap kesehatan dan perawatan kulitnya, sama seperti halnya para wanita. Perawatan kulit yang tepat tak harus sulit atau membutuhkan banyak produk yang berbeda. Yang perlu dilakukan para pria hanyalah konsistensi dari rutinitas harian untuk membersihkan dan merawat kulit. Rutinitas perawatan kulit harian pria sebetulnya cukup simpel, mencakup membersihkan wajah, menggunakan pelembap harian dan melindungi kulit dengan tabir surya. Rangkaian sederhana ini mungkin akan menambah beberapa menit saat Anda bersiap pergi beraktivitas. Tapi, hal tersebut sangat berharga bagi kulit Anda. Ini alasannya:

1. Memperbaiki jerawat dan noda

Bila Anda rentan terhadap jerawat, maka menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan tipe kulit anda  dapat membantu meningkatkan penampilan kulit Anda.  Hanya saja, para pria harus sadar bahwa tak hanya produk yang berkualitas saja yang menentukan keberhasilkan perawatan, namun juga rutinitas yang konsisten setiap harinya.

2. Melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan

Sama seperti wanita, para pria juga akan menunjukkan tanda-tanda penuaan saat usia mereka bertambah. Bila Anda tidak melakukan apapun  terhadap hal tersebut, maka Anda mungkin akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Rutinitas perawatan kulit pria untuk mencegah tanda-tanda penuaan adalah salah satunya dengan menggunakan pelembap setiap hari. Melembapkan kulit dapat melawan tanda-tanda penuaan dan dalam beberapa kasus bahkan dapat memperbaiki kerusakan yang sudah ada. 

3. Melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya

Sinar matahari, meskipun bermanfaat bagi kulit, namun sinar ini tetap saja dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Dampak paparan sinar matahari yang terjadi seharian, secara bertahap akan menampakkan efeknya. Untuk menghindarinya, para pria perlu juga untuk melindungi kulitnya dengan mengoleskan tabir surya secara teratur. Perlindungan tabir surya ini tak hanya melindungi kulit dari sinar ultraviolet penyebab penuaan dini, namun juga melindungi kulit Anda dari kanker kulit.

4. Melindungi kulit dari infeksi

Dengan menggunakan pelembap sesuai kulit Anda, akan memelihara mikroflora yang baik bagi kulit. Selain itu, menggunakan after shave lotion dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi. Hal ini dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh bakteri atau virus jahat.

5. Terlihat terbaik di usia berapapun

Mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang mencakup pembersih, pelembap, dan tabir surya akan membuat para pria terlihat dan merasa lebih baik. Kulit yang sehat dan tampak segar akan bermanfaat bagi kehidupan Anda. Dengan mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang konsisten, Anda dapat terlihat lebih baik di segala usia.