PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


E-Consultation

  • Haid
    20 Nov 2018 | 01:49 WIB
    Halo dok sy ingin bertanya mengenai haid sy yg sdh 3bln tidak haid tetapi setiap di tgl haid sy mengalami keputihan yg banyak berwarna putih susu, terasa gatal dan sedikt berbau. Untk penyebab dan cara mengatasi sementaranya bagaimana ya dok? Jika perlu penangganan atau tindakan dokter, bisa rekomendasikan sy klinik atau RS sekitaran pecenongan, jakarta barat dengan kisaran harga yg terjangkau tetapi tetap memberikan hasil yg baik dok.
  • 17 Dec 2018 | 15:30 WIB

    Halo,

    Keputihan bisa dialami oleh banyak wanita. Keputihan ada yang normal misalnya bila terjadi sebelum dan sesudah menstruasi dan ditandai dengan cairan encer dan bening serta tidak gatal. Keputihan juga bisa merupakan penyakit, bila disertai dengan keluhan gatal, nyeri atau jumlah yang banyak dan berwarna putih atau kuning. Keputihan yang berwarana putih, bergumpal gumpal dan terasa gatal sering kali karena infeksi jamur kandida.
    Penanganan sementara bisa dengan menjaga agar tidak lembab, memakai pembalut tipis/sering berganti pakaian dalam dan hindari pakaian ketat.

    Ada banyak dokter yang bisa menangani hal ini tanpa tindakan medis khusus, hanya dengan berkonsultasi dan pemeriksaan fisik serta bila perlu dengan pemeriksaan laboratorium sederhana. Di Jakarta Barat bisa ke RS PELNI atau dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat.


    Semoga lekas sembuh ya,

    salam


    Salam,
    DR. Dr. Sandra Widaty, Sp.KK(K)