PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


E-Consultation

  • Kulit bintik gatal gatal
    5 Feb 2019 | 23:19 WIB
    Selamat malam dok, saya remaja umur 20th. Di kulit daerah belakang lutut dan belakang paha sudah beberapa minggu ini muncul bentol2 merah dan gatal. Saya biarkan krn dulu ada riwayat alergi, tp beberapa hari ini semakin parah tanpa dipicu konsumsi apa2.

    Gejalanya spt pori2 kulit terasa gatal dan bentol2, tp tidak mengelurkan nanah. Setelah digaruk hanya bekas hitam, namun di bekas hitamnya pun sampai skrg masih muncul bentol2 gatal. Bagaimana ya dok? Terima kasih
  • 11 Feb 2019 | 10:22 WIB

    Selamat pagi saudari Faizhatus..Berdasarkan keterangan yang diberikan, maka kemungkinan saudari mengalami Dermatitis Atopik. Namun demikian diperlukan beberapa keterangan lainnya seperti apakah gatal dan bentol ini pernah dialami sebelumnya, apakah terdapat riwayat asma dan bersin bersin pada pagi hari di saudari maupun keluarga, apakah terdapat riwayat alergi sebelumnya. Dermatitis atopik merupakan suatu peradangan kulit yang terasa gatal, umumnya timbul berulang, dan dapat dicetuskan oleh beberapa alergen (zat yang mencetuskan proses alergi) seperti debu, tungau, dan makanan. Untuk memastikan diagnosis tersebut sebaiknya saudari berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat, sehingga dapat diberikan terapi yang tepat. Untuk saat ini, penanganan awal dapat diberikan berupa pelembap atau emolien dan menghindari tungau debu rumah dengan cara mengganti seprai (1 kali per minggu) dan sering melakukan vakum pada sofa, karpet, dan sudut-sudut rumah. Terima kasih untuk pertanyaannya, semoga dapat membantu.


    Salam,
    Prof. DR. Dr. Oki Suwarsa Sp.KK(K), M.Kes