PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

E-Consultation

  • kulit kering
    29 Jul 2019 | 05:27 WIB
    Halo dok,
    kaki saya selalu kering dan terkelupas kulitnya, dan bisa sampai berdarah. awalnya terasa gatal lalu sering digaruk sehingga sampai kulitnya pecah2 dan terkelupas, bahkan bisa sampai berdarah dan terasa perih. ini terjadi pada salah satu kaki pada punggung kaki, itu kenapa ya dok?
    terima kasih
  • 30 Jul 2019 | 11:27 WIB

    Selamat siang,

    Informasi yang anda berikan terbatas ya, tetapi saya akan coba menjawabnya. Bagaimanakah kelainan kulitnya, apakah itu berupa bercak kemerahan, beruntus, bentol ataupun kelainan kulit lainnya selain kulit kering dan terjadi lecet bekas garukan. Apabila melihat kelainan kulit berupa kulit yang kering dan terasa gatal, hanya terjadi di salah satu punggung kaki, asumsi saya gatalnya hebat, kulit sangat kering. Untuk sementara ini dugaan saya apa yang anda alami merupakan penyakit neurodermatitis, merupakan penyakit peradangan kulit yang umumnya gambarannya berupa bercak kemerahan atau kehitaman (apabila sudah berlangsung lama) yang menimbul disertai beruntus2, kulit kering atau bersisik yang terasa sangat gatal. Faktor pencetus Utama penyakit ini biasanya berhubungan dengan stress baik itu fisik maupun psikis. Mungkin bisa diamati kapan rasa gatal timbul, misalnya ketika beban pekerjaan sedang banyak atau krn kurang istirahat. Sementara ini, anda dapat mengoleskan pelembab khusus yang ditujukan untuk kulit sangat kering, yang tersedia di apotek. Gunakan sehari sedikitnya dua kali misalnya segera setelah mandi, untuk mengurangi kekeringan pada kulit. Untuk lebih jelasnya serta agar dapat terobati dengan baik, silakan konsultasi dan periksakan kulit anda ke dokter SpKK terdekat. Dokter akan melakukan wawancara mengenai riwayat penyakitnya, melakukan pemeriksaan fisik, dan apabila diperlukan melakukan pula pemeriksaan penunjang sehingga diagnosis dapat tepat dan pengobatannya pun lebih tepat. Semoga lekas sembuh


    Salam,
    Dr. Diah Puspitosari, Sp.KK

  • 30 Jul 2019 | 14:50 WIB
    siang dok,
    memang betul terasa sangat gatal sekali, tapi tidak ada bentol atau beruntus, tidak ada bercak, karena memang sebelumnya pernah kaki yg sebelahnya, dan itu hilang sendiri. Kelihatannya krn stress, krn biasanya terasa gatal sekali, ketika malam hari setelah pulang kerja. Saya baru tau kalau stress bisa mengakibatkan seperti itu, apakah kemungkinan kondisi seperti itu juga bisa terjadi di bagian tubuh yang lain ?

    Terima kasih