PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


E-Consultation

  • kutil kelamin / virus HPV
    1 Mar 2018 | 09:18 WIB
    selamat pagi dok. saya ingin tanya beberapa hal,
    1. apakah ada penyakit pada kelamin wanita yaitu tumbuh benjolan atau daging di dalam vagina yang disebabkan selain virus HPV?
    2. apakah kutil yang disebabkan oleh virus HPV bisa menyebabkan pendarahan dok?
    3. apabila saya sudah pernah vaksin HPV apakah bisa vaksin ulang?
    4. saya baca di internet kalau pencegahan penularannya yaitu berhubungan intim menggunakan kondom, tetapi bagaimana kalau saya ingin hamil, tetapi tidak ingin menularkan virus tsb kepada pasangan saya?
    4. apakah ada rekomendasi dokter spesialis kulit & kelamin yg bagus di kota Semarang? kalau bisa yg dokternya perempuan

    terima kasih sebelumnya
  • 12 Mar 2018 | 06:01 WIB

    Halo. Salam kenal.

    Sebagai informasi: 1. benjolan atau daging tumbuh dalam vagina/kelamin dapat disebabkan oleh beberapa penyebab antara lain: infeksi Human papillomavirus (HPV), infeksi bakteri Treponema pallidum, variasi anatomi, tumor jinak, keganasan. Untuk memastikannya, memang dibutuhkan pemeriksaan klinis dan pemeriksaan penunjang lainnya. 2. Kutil kelamin ukuran yang besar (giant condylomas) dapat saja mengalami perdarahan. 3. Untuk vaksin HPV, memang diberikan dalam 3 tahap pemberian yaitu: 0, 2, dan 6 bulan. 4. Penggunaan kondom yang tepat dan konsisten dapat mencegah penularan HPV, tetapi pada area yang tidak terlindungi dengan kondom dapat berpotensi terinfeksi HPV. Bila menginginkan kehamilan, sebaiknya berobat dahulu sampai kutilnya bersih total, sehingga dianggap daya virulensi virus rendah. Memang belum ada obat yang dapat secara tuntas menyembuhkan kutil, dan dalam beberapa kasus, virus akan menetap dalam tubuh tanpa batas waktu, serta menghasilkan gejala jika daya tahan tubuh melemah. Kondisi kehamilan juga dapat memicu reaktivasi virus. 5. Untuk dokter spesialis kulit dan kelamin di Semarang, dapat berkonsultasi ke RS dr. Karyadi, Bagian/Divisi Infeksi Menular Seksual.
    Demikian informasinya.
    Terima kasih.
    Salam sehat selalu.


    Salam,
    Dr. Nurdjannah Jane Niode Sp. KK(K). FINSDV, FAADV

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430