PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


E-Consultation

  • Psoriasis
    8 Mar 2018 | 15:32 WIB
    Gmn cara terbaik mengatasi psoriasis, selain menekan stress, capek, paparan matahari lsng. sdh 4 dokter saya datangi namun tetap tdk berkurang. Terima kasih.barangkali ada salep atau obat oral yg sangat rekomendasi.
  • 2 Apr 2018 | 12:44 WIB

    Salam sehat Mas Nanang,
    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Tentunya sudah diketahui bahwa psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun, yaitu kondisi tubuh tidak dapat mengenali salah satu sel di tubuh kita yang berubah bentuk atau sifat, sehingga tubuh berusaha untuk menolaknya dan akhirnya timbul berbagai gejala di kulit maupun organ tubuh lain.

    Psoriasis ada beberapa tipe, misalnya ada yang bercaknya besar-besar atau disebut psoriasis vulgaris, ada yang bercak kecil-kecil disebut psoriasis gutata, bahkan ada yang bintil-bintil nanah . Perbedaan ini bergantung faktor genetik bawaan, dan faktor pencetus.
    Bicara tentang faktor pencetus pada psoriasis ternyata juga bisa bermacam-macam. Misalnya terdapat beberapa obat yang bisa mencetuskan psoriasis, atau infeksi bakteri juga bisa menyebabkan kekambuhan atau memperparah kondisi psoriasis. Termasuk juga kondisi stres fisik dan psikis yang sudah mas Nanang sebutkan.
    Dokter SpKK yang menangani akan membantu mencari kemungkinan faktor pencetusnya apa..

    Tujuan terapi psoriasis adalah untuk mencapai remisi/kondisi tenang penyakit dan mempertahankan selama mungkin, serta mencegah komplikasi. Untuk pengobatannya, dokter akan memperhatikan beberapa hal, antara lain usia, tipe psoriasis, luas kelainan kulit yang terlibat, gejala lain yang menyertai misalnya radang sendi akibat psoriasis, kondisi lain yang memperparah psoriasis atau menghambat pengobatan, kenyamanan penggunaan obat, serta tentunya kemampuan membeli obat/ketersediaan obat.
    Untuk salep/krim, obat oral atau obat suntik, dokter akan berikan sesuai pertimbangan tersebut. Silahkan mas Nanang berkunjung ke dokter SpKK terdekat untuk mendapat penjelasan lebih lengkap mengenai kondisi psoriasis serta rencana terapi yang cocok untuk mas Nanang.
    Mudah-mudahan jawaban saya cukup jelas ya.. dan dapat memberi pencerahan

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430