PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


E-Consultation

  • Ada bintil2 kecil putih di kepala dan pangkal penis
    30 Apr 2018 | 13:58 WIB
    Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mendengar keluhan saya.

    Tahun lalu bulan 11, saya di diagnosa oleh dokter spesialis kulit dan kelamin menderita dermatitis atopik. Saya di berikan obat anti histamin dan immunosurpressor. Saya konsumsi sebulan lebih. Alhamdulilah sembuh, tapi banyak bintik2(seperti jerawat) di badan saya. Saya pun sabar dan bintik2 nya hilang, pada saat itu ada juga jerawat 1 di pangkal penis saya. Sekitar sebulan saya pikir cuma jerawat biasa, tapi dua bulan kemudian jerawat itu menjadi membesar membuat saya panik dan memutuskan mengoperasi di tempat dokter spesialis tadi, dokter bilang itu kista. masalah saya anggap selesai. Pada bulan april tahun ini muncul bintil2 kecil putih tumbuh berpasangan seperti punya mata di area kepala penis ada 3 pasang (6buah) letaknya di sebelah kiri penis saya dan ada tumbuh dekat pangkal penis dekat luka operasi tadi. Bintik nya tidak sakit, dan tidak gatal saya pikir akan hilang cepat. Lalu dua minggu setelahnya belum menghilang, saya memutuskan untuk ke dokter spesialis saya lagi. Dokter belum bisa memutuskan apa yang terjadi pada penis saya, suruh menunggu 2 minggu lagi, Lalu saya di beri salep 2 macam, dan satu obat minum (seloxy). Sudah seminggu berjalan belum hilang juga bintilnya, tidak bertambah banyak di kepala, di bagian batang juga tidak bertambah banyak. Status saya belum menikah, tapi pernah beberapa kali berhubungan dengan calon istri saya dan saya juga melakukan onani.

    Mohon pencerahan apa yang sedang terjadi pada saya. Karena saya jadi agak stres menebak2 keadaan ini apakah bakteri, virus atau jamur menjadi penyebabnya, apalagi melihat di internet banyak kasus penyakit kelamin. Terima kasih Dokter atas jawabannya.
  • 5 Jun 2018 | 14:16 WIB

    Selamat siang
    Maaf tsrlambat merespon. Bintil di kemaluan yang tidak terasa sakit maupun gatal serta banyak bianya merpakan tanda infeksi virus. Ada dua macam virus yang dapat menimbulkan gejala berupa bintil tersebut yaitu virus HPV penyebab penyakit kutil kelamin atau Genital warts dan virus Pox penyebab penyakit Molluscum contagiosum. Untuk memastikan penyakit anda, silakan memeriksakan diri ke Rumah Sakit yang memiliki fasilitas pemeriksaan penunjang yang lebih lengkap.
    Salam


    Salam,
    DR. Dr. Satiti Retno Pudjiati Sp.KK(K)

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430