PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


E-Consultation

  • Genital warts
    12 May 2018 | 17:10 WIB
    Sore dok,

    Saya sudah konsultasi ke dokter spesialis kandungan (spog) mengenai bintik2 di dekat bibir vagina. Dan hasilnya adalah saya terkena kutil kelamin. Saya di berikan obat acyclovir cream 5% dan antibiotik. Tetapi kutil nya tetap tidak sembuh bahkan tambah besar setelah 1mgu pemakaian. Hari ini saya kembali untuk pengecekan dan kata nya harus dibakar kutilnya? Yg mau saya tanyakan, untuk kutil kelamin yg terus berkembang ini apakah bahaya dok? Apakah akan mempengaruhi masalah hubungan sexsual nanti nya?? Dan apakah selain dibakar, ada pengobatan dengan cream/gel lain nya dok ? Dan saya baca internet ada cream dgn nama podofilux apakah dapat digunakan dan apakah berbahaya??

    Terima kasih
  • 29 May 2018 | 07:35 WIB

    Selamat pagi dan salam kenal...
    Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), serta ditularkan melalui hubungan seksual. Gejala yang timbul berupa bintil-bintil sewarna kulit dengan permukaan menyerupai bunga kol pada area genital pada laki-laki dan perempuan.
    Pencegahan penularan terhadap pasangan adalah dengan tidak berhubungan seksual selama pengobatan serta penggunaan kondom ketika melakukan hubungan seksual.
    Pada erempuan dengan kutil kelamin, disarankan juga untuk melakukan pemeriksaan PAP smear.
    Pengobatan kutil kelamin tergantung dari gejala yang timbul, ketersediaan bahan dan alat, serta kenyamanan pasien. Pengobatan topikal berupa krim atau gel (podofilox, imiquimod) yang diberikan sesuai dengan petunjuk dokter karena risiko yang timbul bisa menyebabkan iritasi, sensasi terbakar atau luka. Obat topikal lain berupa cairan seperti podofilin dan trichloroacetic acid, diberikan oleh dokter di klinik atau rumah sakit setiap 1-2 minggu atau sesuai jadwal. Bila pengobatan topikal belum berhasil, disarankan untuk dilakukan bedah minor seperti elektrokauter, bedah cryo, laser atau eksisi.
    Demikian informasinya.

    Salam sehat,
    dr. Nurwestu Rusetiyanti, MKes, SpKK


    Salam,
    Dr. Nurwestu Rusetiyanti M.Kes, Sp.KK

  • 29 May 2018 | 07:38 WIB

    Selamat pagi
    Kutil kelamin atau istilah medisnya disebut kondiloma akuminta merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus HPV atau Human Papilloma Virus. HPV yang sering menginfeksi daerah kelamin biasanya tipe 6,11,16,18. HPV tipe 6 dan 11 bersifat jinak sedangkan tipe 16 dan 18 bersifat ganas dan dapat berkembang menjadi kanker. Tipe ganas sering juga menginfeksi daerah mulut rahim atau servix sehingga sering menyebabkan kanker servix atau kanker leher rahim. Ada berbagai macam pengobatan untuk kutil kelamin, diantaranya dengan krim, bedah kimia, bedah listrik atau dibakar dan bedah eksisi dengan pisau. Semua cara pengobatan tersebut harus dilakukan oleh dokter yang kompeten, diantaranya dokter spesialis kulit dan kelamin. Untuk obat oles bentuk krim belum tersedia di Indonesia
    Salam


    Salam,
    DR. Dr. Satiti Retno Pudjiati Sp.KK(K)

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430