PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


3 Dec 2018 | 08:40 WIB

Perbedaan Antara Kulit dan Mukosa

Share:

Untuk memudahkan dalam membedakan antara jaringan kulit dan mukosa, maka Anda dapat melihatnya dari penjelasan berikut ini.

Pada dasarnya kulit merupakan jaringan organ terluar dari tubuh yang melapisi seluruh tubuh manusia. Sementara mukosa merupakan lapisan kulit dalam, yang terutup pada epitelium dan fungsinya sendiri terlibat dalam proses absorpsi dan proses sekresi. Singkatnya membran mukosa melapisi berbagai rongga tubuh dan mengelilingi organ internal. Mukosa berwarna merah muda, sementara kulit tentunya tergantung dari pigmen.

Secara struktur, kulit memiliki folikel rambut, kelenjar keringat dan kelenjar minyak, teksturnya pun lebih kasar dibanding mukosa. Sementara tekstur mukosa lebih licin dan tidak memiliki folikel rambut dan kelenjar apa pun. Ketika kulit memiliki 3 lapisan yaitu epidermis, dermis dan subkutis, mukosa hanya memiliki 2 lapisan yaitu epitel pelapis dan lamina propria.

Dilihat dari lokasinya, mukosa terletak di beberapa area tubuh yang berdekatan dengan kulit, contohnya saja di lubang hidung, bibir, kelopak mata, telinga, hingga daerah kemaluan serta anus. Beberapa contohnya termasuk mukosa hidung, mulut, lidah, mukosa lambung, usus hingga mukosa vagina, serta masih banyak lainnya.

Kulit dan mukosa yang intak merupakan sistem pertahanan tubuh yang sangat efektif terhadap infeksi mikroba. Bila kulit dan mukosa terluka, maka akan menjadi jalan mudah bagi mikroba menginfeksi, contoh penyakit kelamin, infeksi staphylococcus, infeksi virus & jamur,  dan lain-lain.


 

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430