PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


6 Dec 2018 | 09:53 WIB

Manfaat AHA dan BHA untuk Kulit

Share:

Sebelum berbicara mengenai apa itu AHA dan BHA, terlebih dahulu Anda sebaiknya tahu tentang proses eksfoliasi kulit. Eksfoliasi sendiri merupakan proses pengelupasan kulit. Proses pengelupasan ini merupakan proses penting karena berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati, hingga sel-sel kulit baru muncul dan membuat tampilan kulit seseorang bersih, cerah, dan halus.

Eksfoliasi sebenarnya merupakan proses alami kulit untuk membuang lapisan kulit terluar sebulan sekali. Proses alami tersebut menyebabkan adanya sel-sel kulit mati setiap harinya. Sayangnya, seiring dengan waktu, eksfoliasi alami kulit pun melambat sehingga tampilan kulit pun menjadi kering, bersisik, terkadang menimbulkan rasa gatal. Salah satu cara untuk mempercepat proses pengelupasan kulit bisa dilakukan dengan mengaplikasikan perawatan kulit mengandung AHA dan BHA. Berikut manfaat dan cara kerja AHA dan BHA.

BACA JUGA: Serba Serbi Retinoid, Kandungan Skincare yang Sedang Hits

Apa Itu AHA dan BHA?

Alpha Hydroxy Acid (AHA) dan Beta Hydroxy Acid (BHA) merupakan senyawa asam yang berperan aktif dalam proses pengelupasan kulit. AHA bekerja di permukaan kulit dan dengan lembut mengangkat sel-sel kulit mati hingga kulit menjadi lebih halus dan kencang. Sementara BHA lebih dikenal dengan nama asam salisilat. Karena larut di dalam minyak, BHA dapat menembus permukaan kulit untuk membersihkan sebum berlebih serta mengurangi produksi minyak berlebih. Keduanya hanya bekerja di lapisan epidermis sehingga proses eksfoliasi menggunakan AHA dan BHA dalam konsentrasi rendah dikategorikan aman.

BACA JUGA: Hyaluronic Acid dan Segala yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat AHA dan BHA

Kandungan AHA pada skincare adalah asam glikolat, namun tidak menutup kemungkinan ada turunan lain dari AHA yang menjadi kandungan andalan sebuah produk perawatan kulit, seperti asam laktat, asam sitrat, dan lain-lain. Saat memilih produk dengan kandungan AHA dan BHA, Anda harus mengetahui terlebih dahulu masalah yang dimiliki kulit Anda sendiri. AHA terbukti efektif dalam memperbaiki tekstur kulit jadi lebih lembut, membantu mengecilkan pori,serta menjaga kulit tetap lembap. Sementara itu BHA dikenal efektif dalam mengatasi masalah jerawat dan komedo. BHA juga diketahui berperan aktif dalam menjaga agar kadar minyak tidak berlebih pada kulit.

Walau proses eksfoliasi kulit menggunakan AHA dan BHA tergolong eksfoliasi ringan, ada kemungkinan terjadi iritasi kulit terutama bila Anda memiliki kulit sensitif. Hentikan penggunaan segera bila Anda mengalami iritasi. Selalu konsultasikan penggunaan produk perawatan kulit pada dokter kulit Anda jika Anda tak yakin.

 

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430