PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


8 Jan 2019 | 10:00 WIB

Stop 12 Kebiasaan yang Merusak Rambut Ini

Share:

Seringkali sebagian orang mengeluh akan rambutnya. Yang rontok, kering, kusam, dan sulit diatur. Padahal penyebab dari kerusakan rambut itu bisa jadi dari kebiasaan yang Anda lakukan dan tanpa disadari merusak kesehatan rambut. Berikut tips dari Dr. Srie Prihianti, SpKK, Ph.D yang dapat membantu Anda berhenti merusak rambut.

  1. Stop terlalu keras  menggosokkan shampoo ke rambut. Pijat lembut shampoo ke kulit kepala, lalu saat membilas, biarkan air mengalir di sepanjang rambut Anda. Jika perlu gunakan conditioner.
  2. Kenakan topi khusus saat berenang. Segera setelah selesai berenang, bilas rambut, dan gunakan shampoo yang diformulasi khusus untuk perenang. Ikuti dengan deep conditioning.
  3. Stop keringkan rambut dengan menggosoknya pakai handuk. Cara mengeringkan rambut yang benar adalah dengan membungkus rambut menggunakan handuk untuk menyerap air setelah itu biarkan kering alami.
  4. Stop menyikat rambut saat basah. Jika rambut Anda lurus biarkan rambut mengering sedikit sebelum Anda menyisirnya dengan sisir bergigi. Sementara untuk Anda yang berambut ikal, saat rambut masih lembap sisir perlahan  dengan sisir bergigi lebar.
  5. Minimalkan penggunaan hair dryer, sisir panas, catokan atau pengeriting rambut. Jika Anda harus menggunakan alat-alat tersebut, usahakan rambut Anda mengering terlebih dahulu. Atur suhu di pengaturan panas terendah. Usahakan penggunaan alat tersebut sesingkat mungkin agar rambut Anda tidak terkena panas berlebihan untuk waktu yang lama.
  6. Minimalkan penggunaan produk styling rambut, seperti hair gel, foam, atau hairspray. Sebaiknya pilih potongan rambut yang simpel untuk menghindari kemungkinan untuk menggunakan produk-produk tersebut.
  7. Hindari gaya tatanan rambut yang menarik rambut dari akarnya terlalu kencang, seperti kuncir kuda, cornrow, atau kepang yang terlalu ketat. Longgarkan sedikit kuncir Anda dan gunakan pengikat khusus rambut.
  8. Jika mau menggunakan hair extention, pilih yang tepat. Pilih hair extention yang jenisnya ringan sehingga tidak menarik rambut. Anda boleh menggunakan hair extention paling lama 3 bulan. Jaga selalu kebersihan kulit kepala saat menggunakan hair extention.
  9. Jika dicat, rambut butuh perawatan lebih. Biarkan rambut Anda beristirahat selama 8-10 minggu sebelum diwarnai dengan warna yang baru. Gunakan shampoo dan kondisioner khusus untuk rambut dicat.
  10. Lindungi rambut dari sinar matahari. Gunakan topi bertepi lebar selama Anda beraktivitas di bawah matahari.
  11. Rambut tidak butuh disisir selama 100 kali setiap hari.
  12. Gunakan sisir bergigi lebar dan gunakan dengan lembut saat menyisir. Hindari menarik-narik rambut saat menyisir atau menata.