PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


16 Jan 2019 | 08:54 WIB

Tanya Jawab Seputar Ceramide Pada Kulit

Share:

Kemampuan ceramide ternyata dahsyat, karena efektif untuk mempertahankan keremajaan kulit. Berikut beberapa pertanyaan mengenai ceramide agar Anda dapat mengetahui sejauh mana manfaat ceramide untuk kulit.

T: Sebenarnya apa itu ceramide?
J: Secara sederhana, ceramide adalah lipid (lemak) yang ditemukan secara alami dalam konsentrasi tinggi di lapisan kulit paling atas atau epidermis. Ceramide merupakan komponen utama (50%) lapisan paling atas epidermis, hingga tidak mengejutkan jika ceramide berperan penting menghidrasi kulit,  mencegah waterloss, serta melindungi kulit terhadap mikroorganisme.

BACA JUGA: Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Extention Bulu Mata  

T: Apa yang bisa dilakukan ceramide?
J: Ceramide membantu kulit membentuk lapisan pelindung dan melindunginya dari faktor luar yang membahayakan seperti mikroorganisme,  polusi dan radikal bebas, sekaligus menjaga kelembapan kulit. Selain itu, ceramide merupakan salah satu ‘senjata ampuh’ memerangi penuaan.

T: Jika kulit punya ceramide alami, haruskah menggunakan produk perawatan kulit mengandung ceramide?
J: Seiring dengan pertambahan usia, paparan sinar matahari (terutama bila tak rajin menggunakan sunscreen), serta radikal bebas dapat membuat produksi ceramide melambat. Hal-hal tersebut juga dapat merusak skin barrier, alhasil kelembapan kulit berkurang, kulit terlihat lebih kering, kasar, dan  kusam. Produk perawatan kulit yang mengandung ceramide bisa membantu, namun tak cukup bila Anda juga kurang minum air putih, alpa makan makanan sehat, serta sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas tanpa perlindungan yang memadai.

BACA JUGA: Manfaat BHA dan AHA untuk Kulit

T: Adakah hubungan ceramide dengan kulit yang eksim?

J: Tentu saja.  Kulit sensitif dan Eczema skin umumnya memiliki kadar ceramide yang lebih sedikit dibanding kulit normal. Produk perawatan kulit yang mengandung ceramide biasanya bisa membantu mengurangi gejala yang timbul akibat eksim seperti kulit yang kering, kemerahan, dan terasa gatal. Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan produk apa pun jika Anda memiliki kulit yang sensitif, atau  eksim.