PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


17 Jan 2019 | 10:00 WIB

Jangan Heran Kalau Anak-Anak Juga Bisa Menderita Psoriasis

Share:

Pada dasarnya psoriasis merupakan peradangan pada kulit dan salah satu penyakit autoimun. Psoriasis dapat muncul di usia berapa saja, sehingga tak perlu heran, jika anak-anak bahkan bayi bisa menderita Psoriasis.

Psoriasis Pada Anak

Guttate psoriasis. Ini adalah jenis psoriasis yang muncul di kulit dalam bentuk bintik-bintik merah kecil dan bersisik. Umumnya tidak meninggalkan bekas luka. Guttate psoriasis biasa muncul pada anak-anak atau remaja dan seringkali didahului oleh infeksi.

Plaque psoriasis. Psoriasis jenis ini adalah jenis yang paling umum dan sering ditemukan pada pasien Psoriasis. Bentuknya bercak kemerahan, tertutup oleh sisik yang berwarna putih keabu-abuan. Plaque psoriasis bisa muncul di area mana saja dan bisa menyebar. Walau lebih banyak ditemukan pada orang dewasa, anak juga bisa terkena.

BACA JUGA: Kenali Gejala Psoriasis

Kemunculan Psoriasis pada Anak

Agak sulit memang membedakan antara eksim dan psoriasis pada anak, terutama pada bayi. Beberapa kasus menunjukkan, psoriasis bisa muncul di kulit kepala. Bahkan ada juga yang muncul di area genital. Anda perlu berkonsultasi pada dokter spesialis kulit, apakah yang diderita si kecil eksim ataukah psoriasis. Namun begitu, Anda dapat mewaspadainya jika menemukan gejala berikut ini:

  • Terdapat bercak pada kulit yang berwarna kemerahan dan ditutupi sisik tebal putih keabu-abuan.
  • Kulit kering dan pecah-pecah. Bahkan bisa saja berdarah.

Pemicu Psoriasis pada Anak

Psoriasis bukan penyakit yang bisa disembuhkan, namun dapat dikendalikan peradangannya. Bisa saja psoriasis tidak muncul untuk beberapa waktu, dan kemudian muncul kembali bila dipicu oleh hal-hal berikut ini:

  1. Pilek atau tonsilitis
  2. Luka akibat cakaran, atau bekas digaruk.
  3. Berat badan berlebih.
  4. Obat-obatan tertentu.

BACA JUGA: Cara Atasi Infeksi Jamur Kuku Pada Anak