PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


28 Jan 2019 | 12:19 WIB

Mitos dan Fakta Seputar Kusta

Share:

Penyakit Kusta yang setelah tahun 1873 lebih dikenal dengan nama penyakit Morbus Hansen dan disebabkan oleh Mycobacterium leprae ini, kini dapat disembuhkan akibat majunya perkembangan dunia medis. Namun begitu, masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa lepra tidak mudah menular dan sulit untuk disembuhkan sehingga mendiskriminasi para pasien kusta atau lepra.

Bersama-sama, kita dapat menghentikan diskriminasi dan stigma terhadap mereka penderita penyakit kusta. Kenali gejala agar Anda tahu kapan harus pergi ke dokter spesialis kulit untuk diagnosa. Jangan sampai salah kaprah, mulailah dengan mengenali mana yang fakta dan mana yang mitos.

BACA JUGA: Mengenali Gejala Awal Lepra

Penyakit Kusta sangat menular.

FAKTA: Kusta alias lepra, atau yang di dunia medis disebut Morbus Hansen pada kenyataannya tidak mudah menular. Pada kenyataannya, penyakit kusta sulit menularkan 95% orang dewasa karena sistem kekebalan tubuh mereka dapat melawan bakteri penyebab kusta.

Penyakit Kusta bisa membuat jari tangan dan kaki putus.

FAKTA: Sebenarnya jari tangan mau pun kaki penderita kusta tidak putus begitu saja. Bakteri Mycobacterium leprae yang menyebabkan kusta akan menyerang saraf jari tangan dan kaki sehingga menyebabkan jari-jari tersebut mati rasa. Bagian yang mati rasa tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan infeksi dan kerusakan permanen. Biasanya hal ini terjadi pada stadium lanjut.

Penderita kusta perlu diisolasi

FAKTA: Penderita kusta yang sedang diobati dengan antibiotik dapat hidup normal di antara keluarga dan teman-teman, bahkan tetap dapat melakukan aktivitas rutin sehari-hari.

Kusta bisa menular jika ada kontak kulit.

FAKTA: Anda tidak akan tertular kusta melalui kontak biasa seperti berjabatan tangan, duduk di sebelah atau berbicara dengan seseorang yang menderita penyakit tersebut.

Menderita kusta berarti mati

FAKTA: Penyakit kusta dapat disembuhkan. Segeralah berkonsultasi pada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan.

Kusta hanya diderita lansia.

FAKTA: Penyakit ini dapat dialami oleh kelompok usia berapa pun. Yang perlu diperhatikan, bakteri penyebab kusta masa inkubasinya tergolong lama sehingga tampaknya hanya diderita oleh mereka yang sudah dewasa atau berusia lanjut.