PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)

3 Jul 2019 | 14:17 WIB

Peringatan World Vitiligo Day Pertama di Indonesia oleh PERDOSKI

Share:

Menyambut himbauan dari committee acara peringatan World Vitiligo Day (WVD) di tingkat dunia untuk memperluas informasi tentang vitiligo maupun peringatan WVD yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) ikut mengambil bagian dari kegiatan ini.  Tanggal 25 Juni 2019 lalu, bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran dan RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, untuk pertama kalinya di Indonesia, Perdoski dan Kelompok Studi Imunodermatologi dan Dermatosis Akibat Kerja (KSIDAK) menyelenggarakan peringatan WVD, bertempat di RSUP Dr Hasan Sadikin Bandung.

World Vitiligo Day pertama kali dicanangkan pada tahun 2011, diperingati pada tanggal 25 Juni setiap tahunnya yang merupakan tanggal wafatnya Michael Jackson, artis dunia penyandang vitiligo di tahun 2009.  Peringatan WVD tahun 2019  kali ini yang diketuai oleh Prof Dr  Nguyen Van Thuong, dipusatkan di Hanoi, Vietnam,  mengusung tema The Quality of Life of Vitiligo Patient untuk meningkatkan kesadaran  masyarakat mengenai vitiligo, penanganannya, mengurangi bullying, social neglect, trauma psikologis dan disabilitas akibat penyakit ini.  Salah satu tujuan dari WVD tahun ini adalah mengumpulkan 1 juta tanda tangan petisi untuk disampaikan kepada Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), agar menetapkan 25 Juni sebagai WVD yang diawasi setiap tahunnya. Selain itu juga agar vitiligo menjadi lebih dikenal sebagai penyakit yang berkaitan dengan komplikasi sosial dan mengenali desakan kebutuhan akan pengembangan terapinya. 

            

Peringatan WVD yang dilaksanakan di Indonesia kali ini dilakukan dengan menyebarkan informasi tentang vitiligo melalui informasi langsung, penyebaran leaflet serta peluncuran perdana perkumpulan pasien vitiligo dan keluarga yang akan bermanfaat sebagai wadah berbagi informasi tentang penyakit ini sekaligus sebagai sarana untuk saling mendukung dan memberikan semangat.  Acara berlangsung mulai pukul 10.00 WIB, diawali dengan sambutan dari Direktur Medis RSUP Dr Hasan Sadikin, Dr. Nucky Nursjamsi, dr., SpOT(K) dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan acara secara resmi oleh ketua KSIDAK), Prof. Dr. dr. Endang Sutedja, SpKK(K).  

                                         

Selanjutnya disampaikan pemaparan mengenai vitiligo oleh Wakil Kepala Bidang Pendidikan & Profesi Perdoski Pusat yang sekaligus juga kepala Divisi Dermatologi Anak Dr. dr. Reiva Farah Dwiyana, SpKK(K) dan informasi mengenai WVD oleh Wakil Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Perdoski Pusat,  dr. Diah Puspitosari, SpKK. Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin. Prof. Dr. dr. Oki Suwarsa, SpKK(K) kemudian menyampaikan peluncuran perdana perkumpulan pasien dan keluarga penyandang vitiligo yang diberi nama “Viti HOPE” (Vitiligo : happy, optimistic, pray, and emphaty); bermakna bahwa pasien dan keluarga penyandang vitiligo harus selalu bahagia, tetap optimis dalam upaya pengobatan maupun menjalani kehidupan, diiringi dengan doa dalam setiap usaha dan semangat saling berempati di antara mereka, juga para pendukung serta masyarakat. Dalam kesempatan ini disampaikan pula rencana seminar vitiligo untuk masyarakat awam di bulan September 2019.

 

Sharing session  dalam acara ini disampaikan oleh pasien dan keluarga penyandang vitiligo untuk berbagi pengalaman saat terdiagnosis, proses pengobatan yang dijalani, serta konsekuensi psikologis maupun sosial yang dirasakan. Sesi tanya jawab kemudian berlangsung penuh antusiasme antara para pasien dan keluarga, tamu undangan maupun sekitar 20 orang awak media nasional dan lokal dengan para nara sumber yaitu Prof. Dr. dr. Endang Sutedja., M.Kes, SpKK(K), Prof. Dr. dr. Oki Suwarsa, M.Kes, SpKK(K), dr. Hartati Purbo Darmadji, SpKK(K), dr. Unwati Sugiri, SpKK(K), serta Dr. dr. Reiva Farah Dwiyana, SpKK(K). Acara diakhiri dengan berfoto bersama serta kunjungan ke klinik rawat jalan Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin RS Dr Hasan Sadikin untuk menyaksikan secara langsung proses pengobatan pasien  dengan alat fototerapi yang tersedia sebagai salah satu layanan unggulan untuk pasien vitiligo.