PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (INSDV)


13 Apr 2018 | 10:00 WIB

Jangan Anggap Remeh, Ini 7 Efek Buruk Merokok Bagi Kulit

Jangan Anggap Remeh, Rokok Bisa Merusak Kulit!

Share:

Anda mungkin sudah tahu, bahwa rokok mengandung ribuan zat berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin, stroke, hingga kanker paru-paru yang berisiko kematian. Tapi, apakah Anda tahu bahwa merokok juga dapat memengaruhi kesehatan kulit?

Merokok tidak hanya bertanggung jawab atas perubahan tampilan kulit luar saja, tapi beberapa kelainan kulit berat juga dikaitkan dengan kebiasaan merokok.

Berikut ini beberapa efek buruh merokok bagi kesehatan kulit.

1. Penuaan dini

Kandungan racun dan zat kimia berbahaya pada rokok berpotensi menyebabkan sel-sel kulit rusak. Ini dapat menghambat pertumbuhan sel kulit sehat sehingga menyebabkan penuaan dini. Apabila terpajan sinar matahari, kulit semakin rentan kehilangan elastisitas lalu tampak kendur, berkerut dan menebal.

2. Perubahan warna kulit

Rokok bisa membuat warna kulit lebih gelap atau kekuningan pada ujung jari dan kuku. Secara keseluruhan tampilan kulit menjadi lebih kusam dibanding sebelum Anda merokok.

3. Menghambat penyembuhan luka

Rokok menghambat suplai darah, nutrisi dan oksigen ke kulit sehingga sintesis kolagen berkurang. Ini membuat proses penyembuhan luka jadi lebih lambat.

4. Bibir menghitam

Paparan zat kimia berbahaya dan panas pada rokok dapat merusak sel-sel kulit pada bibir sehingga menyebabkan bibir menghitam. Tentunya ini mengganggu penampilan wajah Anda.

5. Bercak hitam di wajah

Kandungan racun dan zat kimia pada rokok akan menguras antioksidan di dalam tubuh dan tubuh akan memproduksi lebih banyak radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Akhirnya, bercak-bercak hitam di wajah lebih cepat timbul.

6. Kanker kulit

Menurut studi, merokok berpotensi  erat dikaitkan dengan kanker kulit Squamous Cell Carcinoma (SCC) pada bibir dan jaringan mukosa mulut, Carcinoma pada serviks, dan Melanoma.

7.  Kelainan kulit lainnya

Beberapa penyakit kulit lainnya yang juga berpotensi menjadi lebih buruk akibat merokok atau terpapar  rokok antara lain, psoriasis, kutil kelamin, dan dermatitis atopik.

Ingin kulit Anda lebih sehat dan terhindar dari efek buruk rokok? Hindari merokok dari sekarang!

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430